Bagaimana cara kerja Bitcoin?

Bagaimana cara kerja Bitcoin?

Dasar untuk pengguna baru

Sebagai pengguna baru, anda dapatmulai menggunakan dengan Bitcoin tanpa harus memahami detil teknisnya. Setelah menginstal wallet Bitcoin di komputer atau ponsel, secara otomatis akan membuat alamat Bitcoin pertama dan bisa membuat lebih banyak alamat bitcoin lagi kapanpun anda membutuhkannya. Anda bisa memberitahukan alamat Bitcoin itu kepada teman-teman anda sehingga mereka bisa membayar anda ataupun sebaliknya. Sangat mirip dengan cara kerja email, kecuali bahwa alamat Bitcoin sebaiknya hanya digunakan sekali saja.

Saldo – square chain

Rantai-blok (blockchain) adalah sebuah catatan transaksi publik di mana jaringan Bitcoin bersandar. Semua transaksi yang telah dikonfirmasi tersimpan di dalam rantai-blok. Sehingga, wallet Bitcoin dapat menghitung sisa uang yang dapat dibelanjakan serta transaksi-transaksi baru dapat diverifikasi untuk memastikan bahwa memang dimiliki oleh pengguna itu. Integritas dan urutan kronologis rantai-blok diterapkan menggunakankriptografi.

Transaksi – private keys

Sebuah transaksi adalah exchange nilai antar wallet Bitcoin yang dimasukkan ke dalam rantai-blok. Wallet Bitcoin menyimpan sebagian information rahasia yang disebut kunci pribadi atau seed, yang digunakan untuk menandatangani transaksi, memberikan bukti matematis bahwa memang benar berasal dari pemilik wallet. Tanda tangan juga mencegah transaksi diubah oleh siapapun setelah diterbitkan. Semua transaksi disiarkan ke dalam jaringan dan biasanya akan mulai dikonfirmasi dalam waktu 10-20 menit, melalui expositions yang disebut pertambangan.

Memroses – pertambangan

Pertambangan adalah sistem konsensus terdistribusi yang digunakan untuk mengonfirmasi antrian transaksi dengan memasukkannya ke dalam rantai-blok. Expositions ini menegaskan urutan kronologis rantai-blok, melindungi netralitas jaringan, dan memungkinkan komputer lain untuk menyetujui keadaan sistem. Agar dapat dikonfirmasi, transaksi haruslah dirangkai dalam sebuah blok yang sesuai dengan aturan kriptografi ketat dan akan diverifikasi oleh jaringan. Aturan itu untuk mencegah manipulasi blok sebelumnya karena hal itu membuat semua urutan blok berikutnya menjadi tidak legitimate. Pertambangan juga seperti sebuah lotre yang kompetitif dalam mencegah setiap individu menambahkan blok baru dengan mudah secara berturut-turut ke dalam rantai-blok. Sehingga, tidak ada individu atau kelompok yang dapat mengendalikan apa yang dimasukkan ke dalam rantai-blok atau mengganti sebagian dari rantai-blok untuk memutar kembali transaksi mereka.

Pergi ke lubang kelinci

Berikut adalah rangkuman singkat Bitcoin. Jika anda ingin belajar lebih detail, anda dapat membaca makalah asliyang menjelaskan rancangan itu,dokumentasi pengembang, atau menjelajahiWiki Bitcoin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *